10 Startup Terbaik di Indonesia di Bidang Pertanian dan Pangan Finalis Future Agro Challenge Indonesia

[Update] 10 Startup Pertanian dan Pangan Finalis Future Agro Challenge Indonesia - Startup yang berhasil meraih juara pertama serta dua startup terbaik lainnya. Pada tahun 2017, untuk pertama kalinya Future Agro Challenge (FAC) menyambangi Indonesia.
FAC adalah kompetisi global yangawan menemukan startup di bidang pangan dan pertanian yang Bekerja sama dengan angel Investment Network Indonesia (ANGIN) dan Block 71 Jakarta, Future Agro Challenge Indonesia telah memilih sepuluh finalis untuk berkompetisi di babak seleksi yang akan berlangsung pada 12 Desember 2017 mendatang.

Pemenang dari seleksi ini berkesempatan masuk ke final kompetisi global yang akan diselenggarakan di Istanbul, Turki.

Berikut ini adalah sepuluh  startup yang berhasil menjadi finalis Future Agro Challenge Indonesia tersebut.
1. Biteback (Juara Pertama) 
Gambar Startup Biteback
Startup Biteback
Biteback merupakan perusahaan yang bergerak dibidang untuk mengekstrak minyak dari serangga-serangga yang memang aman untuk dikonsumsi. Minyak tersebut dapat dimanfaatkan untuk menggantikan peran minyak kelapa sawit dalam berbagai produk.

2. Karsa (Startup Terbaik) 
Gambar Startup Karsa
Startup Terbaik Karsa
Karsa merupakan aplikasi yang dapat memberikan informasi pertanian yang dibutuhkan kepada para petani, produsen produk pertanian, dan pemerintah. Dengan aplikasi karsa ini, para petani bisa memperoleh informasi cara menanam tanaman yang baik dan tepat.
Di sisi lain, produsen dan pemerintah juga dapat mengetahui apa saja hal yang diperlukan oleh para petani, dan memonitor harga produk pertanian di pasar.

3. Jala (Startup Terbaik) 
Gambar Startup Terbaik (Jala)
Startup Terbaik (Jala)
Jala merupakan startup yang memungkinkan para penambak udang untuk mengetahui kondisi udara di tambak mereka lewat alat khusus. Informasi tersebut pun bisa langsung di lihat lewat smartphone . Dengan begitu, diharapkan para penambak bisa menghasilkan udang dengan kuantitas lebih banyak dan kualitas lebih baik. Di samping menghadirkan teknologi IO untuk kondisi air tambak, startup ini juga bisa menghadirkan software pengelolaan tambak udang. 

4. Crowde
Gambar Startup Crowde
Startup Crowde
Crowde merupakan sebuah platform crowdfunding yang dapat kamu manfaatkan untuk investasi di bidang pertanian. 
Sebuah tanaman akan langsung ditanamkan target yang sangat diharapkan di platform Crowde tercapai. Dengan investasi di Crowde, kamu bisa mendapatkan keuntungan sekitar tiga puluh persen hasil penjualan tanaman yang berhasil dibangkitkan.

5. Hara
Gambar Startup Hara
Startup Hara
Hara merupakan sebuah platform yang dapat membantu para petani dalam mengumpulkan data dan menganalisis kondisi pertanian. Platform yang dibuat oleh CI Pertanian / Dattabot ini bisa memberikan masukan atau wawasan kepada petani terkait aktivitas. 

6. Growpal 
Gambar Startup Growpal
Startup Growpal
Growpal merupakan startup yang menghubungkan investor atau pemilik dana dengan petani ikan yang membutuhkan modal. Growpal menyediakan dua opsi investasi. Investasi. Saat ini, mereka masih fokus mengembangkan perikanan laut dan belum merambah perikanan air tawar. 

7. PanenID 
Gambar Startup PanenID
Startup PanenID
Panen ID merupakan platform yang dapat membantu para petani untuk menjual hasil panen langsung kepada konsumen, ke ke pemilik hotel, restoran, dan katering. Menurut mereka, platform tersebut bisa menjaga harga pangan, dan memberikan keuntungan yang merata bagi seluruh pihak. 

8. Magalarva 
Gambar Startup Magalarva
Startup Magalarva
Magalarva merupakan perusahaan yang mengusahakan untuk limbah atau sampah organik menjadi protein dengan bantuan Black Soldier Flies (BSF). Kemudian bisa dipakai sebagai pakan ternak. 

9. Pandawa Agri 
Gambar Startup Pandawa Agri
Startup Pandawa Agri
Pandawa Agri merupakan perusahaan yang dibangun oleh tiga orang alumni Departemen Pertanian dan Hortikultura Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2014 silam. Saat ini, mereka fokus memproduksi Pupuk Organik, Pupuk Unsur Mineral, Biopestisida, BioAgents dan Adjuvant, yang bisa menghilangkan penggunaan pestisida sintetis. 

10. Umitron 
Gambar Startup Umitron
Startup Umitron
Umitron merupakan startup yang berasal dari Jepang yang berupaya mengembalikan peran sensor, perangkat lunak , dan analisis data guna mengoptimalkan jumlah dan waktu. Mereka adalah pemenang dari kompetisi startup Arena di konferensi Tech di Asia Tokyo 2017.

Baca juga : Startup Terbaik Blue Bird dan Traveloka yang Meluncurkan Layanan Transportasi Bandara


Diedit oleh (Iqbal Kurniawan )
Sumber : https://id.techinasia.com/finalis-future-agro-challenge-indonesia

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "10 Startup Terbaik di Indonesia di Bidang Pertanian dan Pangan Finalis Future Agro Challenge Indonesia"

  1. good, artikelnya sangat bermanfaat gan......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih, ikuti blog ini trus ya. Untuk dapat mngikuti berita2 terhangat lainnya

      Delete