Cara Mudah Memulai Bisnis Online Shop Bagi Pemula. Lakukan Jam ini ! 1 Tahun Jadi Kaya.

Masalah modal sering kali menjadi sebuah kendala untuk memulai sebuah bisnis online. Apalagi untuk seorang pemula yang masih ragu atau takut untuk mengeluarkan banyak uang sebagai modal, belum lagi bayangan mengenai rugi dan lain - lain. Namun seiring dengan perkembangan ilmu teknologi yang semakin pesat, memulai sebuah bisnis online shop tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Karena kita bisa memanfaatkan gadget atau laptop yang kita miliki.
Foto Bisnis Online
Bisnis Online
Namun sebelum memulai bisnis online shop ada baiknya persiapkan perlengkapan berikut ini :
1. Komputer atau Laptop
Walaupun untuk saat ini sobat belum memiliki komputer atau laptop, sobat bisa memanfaatkan warnet atau pinjam ke kakak atau adik kalian.  Laptop atau komputer ini nantinya digunakan sebagai pembuatan akun media sosial atau toko online yang berguna sebagai toko visual sobat nantinya.

2.Kuota Internet
Rasanya bisa dikatakan wajib untuk yang satu ini, karena namanya saja bisnis online sobat, jadi harus memiliki kuota internet agar sobat bisa memulai bisnis online shop.

3.Pembuatan Website
Untuk membuat website biasanya akan memerlukan waktu dan modal yang tidak sedikit karena harus mengurus domain yang berbayar. Namun sobat jangan khawatir, ada beberapa jasa yang sobat bisa manfaatkan karena situs ini tidak berbayar, seperti wordpres dan blogspot sebagai penunjang dalam memulai bisnis online sobat.

4. Mempunyai Pengetahuan tentang Marketing
Sobat di wajibkan menguasai teknik ini, karena bisnis online shop tidak seperti bisnis offline yang sobat bisa bertatap muka secara langsung. Sobat diwajibkan memuliki strategi promosi yang unik dan menarik. Sobat bisa manfaatkan media sosial yang sobat punya sebagai jembatan antara situs online yang sobat punya dengan promosi dimedia sosial. Arahkan ke situs online sho psobat jika ada yang minat dengan produk yang ditawarkan.

Berikut ini kami sajikan panduan atau cara mudah untuk memulai bisnis online.
1. Siapkan Fasilitas yang Diperlukan
Foto Perlengkapan Memulai Bisnis Online
Laptop dan Perlengkapan Lain

Seperti yang di jelaskan di atas ada sarana dan prasaran yang harus sobat siapkan untuk memulai bisnis online shop yang sobat akan bangun. Ini untuk kelancaran setelah bisnis online sobat berjalan baik.

2. Tentukan Barang yang akan Dijual
Mulailah bisnis online shop sobat dengan menentukan produk apa yang akan di pasarkan, misal bisa bisnis kuliner, fashion, perawatan dan lain-lain. Ini tergantung minat dari sobat dan kondisi yang sesuai dengan diri sobat.

3. Uji dan Segmentasi Pasar
Sebelum sobat memulai bisnis online shop, ada baiknya lakukan riset atau penelitian terhadap tema atau produk yang akan dipasarkan di beberapa toko online yang sejenis dengan apa yang akan sobat bangun.

Sobat harus pastikan, apa yang sobat bangun dan produk yang sobat pasarkan di online shop harus kreativ dan unik. Karena unik ini akan menjadi sebuah ciri khas dari oline shop yang sobat punya, jadi nantinya ketika ada custumer yang membutuhkan produk sejenis akan mampir di online shop sobat.

4. Memulai dengan Promosi di Media Sosial
Gambar Media Sosial
Media Sosial

Terdapat banyak media sosial yang bisa sobat manfaatkan untuk promosi dan mengembangkan online shop sobat. Facebook, instagram, dan twitter merupakan beberpa jenis media sosial yang sering di pakai oleh pengguna saat ini. Buatlah akun media sosial serta targetkan pasaran sobat bisa terpenuhi.

5. Tidak Disarankan untuk Spam Notifikasi
Hindari menandai teman atau menandai secara acak untuk mempromosikan produk sobat dimedia sosial. Cara seperti ini banyak tidak diminati oleh pengguna media sosial. Gunakanlah dengan cara mengupdate status biasa namun berisikan hal-hal yang berkaitan dengan produk apa yang akan sobat pasarkan. Jangan terlalu sering mengupdate status. Gunakanlah waktu secara bijak.

6. Buatlah Katalog untuk Bisnis Online Shop
Gambar Katalog
Katolog Daftar Produk

Katalog berguna untuk memudahkan calon pembeli untuk mencari list atau daftar dari produk sobat. Gunakanlah website gratis untuk membuat kataloig ini. Penggunaan katalog dalam online shop sangat disarankan, karena untuk memudahkan valon pembeli. Pembeli bisa melihat harga atau detail produk melalui katalog ini. Buatlah katalog yang simple dan dinamis, agar pembeli gampang saat menjelajah online shop sobat.

7. Kelengkapan Informasi
Pembeli tidak bisa melihat barang secara langsung pada online shop, biasanya yang tertera hanya gambar dan deskripsi produk tersebut. Untuk itu lengkapilah informasi pada produk-produk di online shop sobat agar menghilangkan keraguan calon pembeli. Jika mendapatkan pertanyaan dari calon customer jawablah dengan kooperatif, testimoni yang sekiranya baik untuk di tampilkan, tampilkanlah !. Ini sebagai salah satu tolak ukur calon pembeli.

8. Chat Service
Gambar Chat Service
Fitur Chat Services

Chat service pada online shop merupakan penghubung antara penjual dan pembeli, untuk itu tambahkan fitur chat service pada online shop sobat guna menghubungkan anda dengan calon pembeli. Cantumkan kontak sobat yang selalu aktif, hal ini berguna untuk menangani hal-hal yang memang harus mendapat jawaban dari pemilik bisnis online shop.

9.Selalu Tingkatkan Pelayanan
Usaha yang potensial merupakan usaha yang banyak di respon oleh pelanggan.
Untuk itu dalam bisnis online shop, sobat harus peka dan selalu memberikan jawaban jujur agar pelanggan yang sudah sering membeli percaya terhadap online shop sobat. Lakukanlah pelayanan terhadap calon pembeli seramah dan seinformatif mungkin agar calon pembeli percaya dan minat terhadap produk yang ditawarkan.

Beberapa cara mumulai bisnis online shop di atas tentunya bisa sobat lakukan tanpa menunda-nunda lagi. Karena era sekarang merupakan era transisi, jadi sobat harus pinter-pinter melihat peluang usaha. Do it now !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Memulai Bisnis Online Shop Bagi Pemula. Lakukan Jam ini ! 1 Tahun Jadi Kaya."

Post a Comment